Di Telkom University telah berjalan program penelitian yang dikemas ke dalam Program WRAP Apprenticeship. WRAP Apprenticeship adalah program siap kerja dengan bentuk program magang sebagai tenaga profesional di perusahaan-perusahaan besar (non UMKM) selama 6 bulan (1 semester) yang tanpa terputus dan dapat diperpanjang selama 6 bulan (1 semester) berikutnya dengan kegiatan-kegiatan yang relevan dengan seperangkat keahlian khusus yang dibutuhkan oleh perusahaan tertentu dan sesuai dengan profil lulusan program studi.

Mahasiswa mendapatkan pengalaman terkait kemandirian dan kejuangan dalam menangani pekerjaan tertentu. Selain itu, memberikan satu titik fokus akan hasrat dan keinginan mahasiswa dalam menyelesaikan satu pekerjaan hingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Secara umum, kompetensi yang diharapkan dari program ini, mahasiswa mendapatkan:

  1. Hard Skills, tidak terbatas pada keterampilan individu berdasarkan bidang ilmu tertentu, complex problem solving, dan analytical skills.
  2. Soft Skills, tidak terbatas pada etika profesi/kerja, komunikasi, dan kerjasama.

WRAP Apprenticeship, terdapat MK yang spesifik untuk diambil oleh setiap mahasiswa. MK dan jumlah SKS ditentukan oleh Unit Internal atau Mitra yang dituju. Dapat juga dihitung berdasarkan kontribusi dan peran mahasiswa yang dibuktikan dalam aktivitas di bawah koordinasi dosen pembimbing.