FAQ

WRAP (Work Ready Program)

Pertanyaan (segera hadir)

Jawaban (segera hadir)

MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)

Alur dan Persyaratan

Alur Kegiatan MBKM

Untuk mengetahui alur lengkap MBKM dapat Anda cek di sini.

Apakah Magang Merdeka berbeda dengan WRAP Internship ?

Ya. Program Magang setara dengan 20 SKS diselenggarakan oleh DIKTI sedangkan WRAP Internship setara dengan 9 SKS diselenggarakan oleh FHCI (perusahaan BUMN).

Apakah bisa mengikuti MBKM bersamaan dengan Program WRAP Entrepreneurship?

Tidak bisa, pastikan hanya memilih/mengikuti satu program saja.

Apakah bisa mengikuti MBKM bersamaan dengan PMMB?

Tidak bisa, pastikan hanya memilih/mengikuti satu program saja.

Kapan pelaksanaan MBKM ?

Perkiraan waktui pelaksanaan pada pertengahan bulan Agustus (tergantung penawaran setiap perusahaan)

Apabila berhasil, apakah mendapatkan dispensasi untuk perkuliahan ?

Tidak, Program MBKM adalah salah satu program belajar di luar prodi dan masuk perhitungan SKS yang artinya masuk ke dalam perkuliahan

Jika terlanjur mendaftar MBKM namun telah dinyatakan tidak lolos, apakah boleh mendaftar PMMB?

Boleh,
Namun, Jika sudah mendafar dan belum ada pernyataan lolos atau tidak, maka tidak disarankan mendaftar PMMB karena akan seleksi bersamaan.

Kenapa Mahasiswa semester 3 tidak bisa mengikuti Pogram Pertukaran Pelajar?

Karena Mahasiswa harus menyelesaikan Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU) terlebih dahulu.

Apakah bisa mengikuti MBKM bersamaan dengan rekruitasi DDB?

Tidak bisa, pastikan hanya memilih/mengikuti satu program saja.

Apakah terdapat keringanan/potongan BPP untuk peserta MBKM Kemendikbud?

Universitas Telkom tidak memberikan keringanan/potongan. Namun, apabila peserta mendapatkan bantuan UKT dari Kemendikbud maka akan mengurangi biaya BPP yang akan dibayarkan.

Konversi SKS

Bagaimana cara dan prosedur konversi 20 sks dalam mengikutu MBKM ?

Mahasiswa dapat memilih 20 SKS tersebut diekivalensikan/di-RPL-kan ke Mata Kuliah tertentu, atau di-SKPI-kan. Untuk informasi mekanisme konversinya silakan koordinasi dengan Kaprodi.

Apakah MBKM bisa dikonversi ke Mata Kuliah Peminatan ?

Bisa, selama mendapat persetujuan dari Prodi

Apakah Magang Merdeka bisa dijadikan pengganti TA ?

Tidak Bisa

Bagaimana jika tidak semua SKS terkonversi dan salah satu Mata Kuliah bentrok ?

Terkait mekanisme dan kebijakan untuk konversi SKS silakan melakukan konsultasi dengan Dosen Wali terlebih dahulu dan dikoordinasikan dengan Kaprodi.

Berapa konversi untuk Program MBKM menjadi TAK ?

Mohon melakukan konsultasi dengan Kaprodi untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Apabila Mengikuti Magang/Studi Independen yang tidak linear dengan prodi, apakah tetap bisa dikonversi ke 20 SKS ?

Mohon melakukan konsultasi dengan Kaprodi untuk mengetahui rencana tersebut disetujui atau tidak.

MKU (Mata Kuliah Umum)

Pertanyaan (segera hadir)

Jawaban (segera hadir)

Pengajuan Surat Rekomendasi

Untuk Program Wirausaha Merdeka (WMK)

Alur dan Persyaratan

Bagaimana cara pengajuan Surat Rekomendasi (SR) ?

Pengajuan SR untuk kegiatan Wirausaha Merdeka (WMK) yang ditandatangani oleh Warek Akademik bisa melalui formulir berikut : https://bit.ly/pengajuanSR_BPULPS untuk langkah-langkahnya silakan menuju menu ‘Dokumen

Saya tidak bisa mengakses formulir pengajuan SR

Pastikan login melalui SSO terlebih dahulu

Bagaimana jika saya tidak bisa upload surat melalui form tersebut ?

Silakan melakukan pengecekan pada storage jika kapasitasnya sudah penuh sehingga tidak bisa upload. Anda bisa meminta bantuan melalui akun teman, namun input alamat email pada formulir mengajuan tetap memasukan email sso milik pribadi.

Apa yang saya lakukan ketika sudah mengisi formulir pengajuan SR ?

Silakan melakukan pengecekan email pada inbox maupun spam untuk mengetahui ID Pengajuan. Hal ini bermanfaat untuk melakukan pengecekan proses pengajuan SR yang bisa dilakukan melalui tautan berikut ini.

Berapa lama proses penandatanganan SR ?

Secara umum prosesnya ialah H+2 hari kerja (Senin-Jum’at, kecuali hari libur nasional dan cuti bersama). Namun, menyesuaikan terhadap situasi yang ada. Pengajuannya akan kami usahakan sesuai dengan ketentuan.

Kenapa status pada pengecekan dokumen tertulis 'X' ?

Hal tersebut dikarenakan terdapat ketidaksesuaian pada pengajuan SR. Silakan membaca informasi pada ‘Keterangan Tambahan’ serta memperbaiki dokumen dengan mengisi kembali formulir pengajuan pada https://bit.ly/pengajuanSR_BPULPS

Kenapa statusnya dikirim namun belum saya terima ?

Mengenai hal tersebut kami sarankan untuk melakukan pengecekan kembali pada inbox maupun spam. Jika masih tidak ada silakan menghubungi kami kembali dengan menginformasikan id pengajuan SR WKM dan capture/screenshoot pengecekan yang menunjukkan bahwa SR statusnya sudah dikirim.

Kapan batas pengajuan SR untuk program Wirausaha Merdeka ?

Pengajuan terakhir pukul 14:00 WIB pada tanggal 12 Agustus 2022. Setelah batas waktu tersebut formulir akan ditutup dan kami tidak menerima pengajuan SR untuk program WMK melalui email ataupun media BPULPS lainnya.

Kenapa SPTJM ditolak ?

Tidak menggunakan format dokumen terbaru dari BPULPS

Silakan menggunakan format yang telah kami sediakan pada Link format SPTJM: bit.ly/persWMKtelu2022 . Pastikan ketika download dengan cara klik tanda titik tiga (di sebelah kanan atas) kemudian pilih ‘Download’.

Menggunakan scan dari aplikasi di ponsel.

Diwajibkan saat melakukan scan dokumen menggunakan alat scanner dan harus jelas (tidak buram)

Tanda tangan dan materai yang tidak sesuai dengan ketentuan

Silakan menandatangani sesuai dengan tempat yang telah disediakan serta menggunakan materai 10.000 asli

Format penamaan file yang tidak sesuai dengan ketentuan

Simpan file dengan format penamaan : WMK_<<NIM>>_<<Nama Lengkap>>_S1/D3 <<Prodi>>_SR.pdf
contoh : WMK_1101174400_Ahmad Budi_S1 Teknik Elektro_SR.pdf

Meng-upload Surat Rekomendasi yang tidak sesuai dengan format dari BPULPS

Pastikan telah dilengkapi dengan Nomor Surat dan TTD Ketua Program Studi. Untuk cap Tel-U tidak perlu dibubuhkan di atas TTD Ketua Program Studi.

Pengajuan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak

Untuk Program MSIB Angkatan 3

Alur dan Persyaratan

Bagaimana cara pengajuan SPTJM ?

Pengajuan SPTJM untuk kegiatan MSIB Angkatan 3 yang ditandatangani oleh Warek Akademik bisa melalui formulir berikut : bit.ly/pengajuanSPTJM_BPULPS untuk langkah-langkahnya silakan menuju menu ‘Dokumen

Saya tidak bisa mengakses formulir pengajuan SPTJM

Pastikan login melalui SSO terlebih dahulu

Bagaimana jika saya tidak bisa upload surat melalui form tersebut ?

Silakan melakukan pengecekan pada storage jika kapasitasnya sudah penuh sehingga tidak bisa upload. Anda bisa meminta bantuan melalui akun teman, namun input alamat email pada formulir mengajuan tetap memasukan email sso milik pribadi.

Apa yang saya lakukan ketika sudah mengisi formulir pengajuan SPTJM ?

Silakan melakukan pengecekan email pada inbox maupun spam untuk mengetahui ID Pengajuan Anda. Hal ini bermanfaat untuk melakukan pengecekan proses pengajuan SPTJM Anda yang bisa dilakukan melalui web.

Berapa lama proses penandatanganan SPTJM ?

Secara umum prosesnya ialah H+2 hari kerja (Senin-Jum’at, kecuali hari libur nasional dan cuti bersama). Namun, menyesuaikan terhadap situasi yang ada. Pengajuannya akan kami usahakan sesuai dengan ketentuan.

Kenapa status verifikasinya tertulis 'X' ?

Hal tersebut dikarenakan terdapat ketidaksesuaian pada pengajuan SPTJM. Silakan membaca informasi pada ‘Keterangan Tambahan’ serta memperbaiki dokumen dengan mengisi kembali formulir pengajuan pada bit.ly/pengajuanSPTJM_BPULPS

Kenapa statusnya dikirim namun belum saya terima ?

Mengenai hal tersebut kami sarankan untuk melakukan pengecekan kembali pada inbox maupun spam. Jika masih tidak ada silakan menghubungi kami kembali dengan menginformasikan id pengajuan SPTJM dan capture/screenshoot pengecekan yang menunjukkan bahwa SPTJM statusnya sudah dikirim.

Kapan batas pengajuan SPTJM untuk program MSIB Angkatan 3 ?

Pengajuan terakhir pukul 14:00 WIB tanggal 29 Juli 2022. Setelah batas waktu tersebut formulir akan ditutup dan kami tidak menerima pengajuan SPTJM melalui email ataupun media BPULPS lainnya dengan alasan apapun.

Kenapa SPTJM ditolak ?

Tidak Menggunakan format SPTJM terbaru dari BPULPS

Silakan menggunakan format yang telah kami sediakan pada Link format SPTJM: bit.ly/SPTJM_MSIBtelu.

Menggunakan scan dari aplikasi di ponsel.

Diwajibkan saat melakukan scan dokumen menggunakan alat scanner dan harus jelas (tidak buram)

Tanda tangan dan materai yang tidak sesuai dengan ketentuan

Silakan menandatangani sesuai dengan tempat yang telah disediakan serta menggunakan materai 10.000 asli

Format penamaan file yang tidak sesuai dengan ketentuan

Simpan file dengan format penamaan : MSIB3_NIM_Nama Lengkap_S1/D3 Prodi_SPTJM.pdf
contoh : MSIB3_1101174400_Ahmad Budi_S1 Teknik Elektro_SPTJM.pdf

Mengupload Surat Rekomendasi yang tidak sesuai dengan format dari BPULPS

Pastikan telah dilengkapi dengan Nomor Surat, TTD Ketua Program Studi dan Cap Telkom University

Pengisian Format SPTJM yang tidak lengkap

Pastikan telah mengisi SPTJM secara lengkap. Sesuai petunjuk yang telah kami informasikan disini.

Tidak menemukan yang Anda cari ?

Silakan berkunjung ke https://bagianpengembanganakademik.tawk.help untuk melihat pertanyaan/kendala/saran yang pernah kami terima. Terima kasih

Pusat bantuan BPULPS

Keterangan :

1. Kolom isian ‘Search’, untuk mencari informasi yang Anda butuhkan

2. Tombol ‘Kirim Tiket’, untuk menyampaikan pertanyaan/kendala/saran melalui email

3. ‘Website BPULPS’, untuk menuju ke halaman utama bpulps.telkomuniversity.ac.id

4. ‘Bahasa Indonesia’, untuk mengatur bahasa dengan pilihan Bahasa Indonesia dan Inggris

Panduan Pengajuan Pertanyaan/Kendala/Saran

Klik gambar tawk.to yang ada di pojok kanan
bawah layar

Mencari informasi yang relevan

1.1 Pilih kolom berikut untuk menggunakan fitur pencarian

panduan cek laporan

1.2 Ketikkan kata kunci yang ingin dicari

panduan cek laporan

1.3 Silakan membaca informasi yang dibutuhkan

panduan cek laporan

1.4 Anda bisa klik tombol berikut jika membutuhkan informasi lebih lengkap

panduan cek laporan
Memulai percakapan dengan admin BPULPS

2.1 Pilih tombol ”New Conversation” untuk menggunakan fitur LiveChat

panduan livechat

2.2 Silakan melengkapi formulir yang tersedia

panduan livechat

2.3 Klik ‘Mulai Obrolan’ untuk memulai percakapan

panduan livechat

2.4 Pesan Anda telah terkirim, silakan menunggu karena akan kami respon segera

panduan livechat