Deskripsi

Program Membangun Desa / Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) ; Merdeka Belajar-Kampus Merdeka merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/daerah dan meramu solusi untuk masalah yang ada di desa. Kegiatan Membangun Desa / KKNT diharapkan dapat mengasah softskill kemitraan, kerjasama tim lintas disiplin / keilmuan (lintas kompetensi), dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah perdesaan. Diharapkan juga setelah pelaksanaan KKNT, mahasiswa dapat menuliskan hal-hal yang dilakukannya beserta hasilnya dalam bentuk tugas akhir.

Tujuan

  1. Kehadiran mahasiswa selama 6-12 bulan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimilikinya bekerjasama dengan banyak pemangku kepentingan di lapangan. 
  2. Membantu percepatan pembangunan di wilayah pedesaan bersama dengan Kementerian Desa PDTT.

Penjelasan

  • Mahasiswa wajib tinggal (live in) pada lokasi yang telah ditentukan. 
  • Jika dalam proses pelaksanaan kompetensi mahasiswa tidak memenuhi ekuivalensi 20 SKS, maka mahasiswa dapat mengambil MK daring atau lainnya sesuai ketentuan Perguruan Tinggi. 
  • Proses dan hasil kegiatan ditulis dan dilaporkan kepada Perguruan Tinggi. 
  • Hasil kegiatan dapat diekuivalensikan sebagai skripsi atau tugas akhir sesuai ketentuan Perguruan Tinggi.

Kegiatan Yang Sudah Berjalan

No Pemilik Program Nama Kegiatan Durasi Kegiatan Jumlah SKS Konversi
1 Direktorat CAE Innovillage – KNN Tematik 3 Bulan 2 SKS