Pertukaran Mahasiswa Merdeka Telkom University Tahun 2022

Pertukaran Mahasiswa Merdeka Telkom University Tahun 2022

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan salah satu program dari kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka”. Pada program ini, mahasiswa mendapat kesempatan belajar di kampus lain dalam negeri dengan mengeksplor dan mempelajari keberagaman budaya nusantara sehingga dapat berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah. PMM pertama kali dilaksanakan pada tahun 2021 sehingga pada tahun 2022 merupakan tahun kedua pelaksanaan PMM. Telkom University (Tel-U) kembali menjadi Perguruan Tinggi (PT) Penerima bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman belajar di kampus swasta terbaik. Sebagai informasi kampus ini telah terdaftar dan dapat diakses sebagai PT Penerima pada https://bit.ly/PMM2TelU.

Tel-U sebagai kampus swasta yang terakreditasi Unggul dan memiliki visi yaitu menjadi research and entrepreneurial university pada tahun 2023, yang berperan aktif dalam pengembangan teknologi, sains, dan seni berbasis teknologi informasi. Kami membuka kuota untuk 40 mahasiswa dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2. Terdapat 14 Program Studi dan 42 Mata Kuliah yang ditawarkan.

Bagi kalian Mahasiswa Tanah Air yang tertarik untuk belajar dan merasakan suasana berkuliah di Telkom University yang merupakan kampus swasta terbaik, segera persiapkan dokumen dan kebutuhan lainnya! Segera daftarkan diri kalian di tanggal 13 Mei nanti! Semoga kita bisa berjumpa di Telkom University!

Dapatkan Panduan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Tahun 2022 pada tautan berikut ini.

Berikut 42 Mata Kuliah berdasarkan Program Studi yang ditawarkan oleh Telkom University (Tel-U):

Mahasiswa akan mempelajari elemen, arsitektur, dan protokol jaringan telekomunikasi wireline, jaringan berbasis paket dan juga dasar-dasar switching digital. Jaringan wire line meliputi arsitektur, signaling PST (SS7), pola penomoran dan routing. Jaringan berbasis paket meliputi konsep dasar, Next Generation Network, dan SIGTRAN (SS7 over IP). Pada switching digital meliputi dasar-dasar switching digital, mobile switching, switching softswitch dan Interface serta Protokol softswitch.

Mata kuliah ini berisi pemahaman jenis dan fungsi berbagai rangkaian sub sistem dalam sistem telekomunikasi dan memberikan kemampuan perancangan rangkaian elektronika untuk sub sistem telekomunikasi pasif antara lain : Ulasan Komponen Elektronik, Resonator, Filter pasif, Rangkaian penyesuai impedansi (IMC), dan sub sistem telekomunikasi aktif antara lain: Rangkaian penguat sinyal kecil, rangkaian osilator dan mixer. Juga dibahas penggunaan Smith Chart sebagai alat bantu perancangan dan mempelajari dasar-dasar microstrip sebagai salah satu metode implementasi rangkaian frekuensi tinggi.

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar tentang prinsip desain antena & prinsip propagasi gelombang elektromagnetika dan konsep desain link transmisi radio. Penjelasan mengenai sistem dan desain antena meliputi: parameter karakteristik antena dan cara pengukurannya, macam-macam antena & desain karakteristiknya, dan konsep desain antena susunan. Penjelasan mengenai propagasi gelombang elektromagnetika dan link transmisi meliputi penjelasan mengenai jenis-jenis komunikasi terestrial dan prinsip dasar link budget untuk jenis komunikasi radio terestrial dan ruang bebas

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang Aljabar Boolean dan implementasinya pada Rangkaian Logika, Mata kuliah ini juga memberikan keahlian mahasiswa tentang Aspek aspek apa saja yang diperlukan untuk merancang sebuah sistem rangkaian logika. Mata kuliah ini memberikan keterampilan mahasiswa dalam mengimplementasikan hasil rancangan kedalam rangkaian sebenarnya.

Mata kuliah (MK) ini memuat materi tentang sistem data akuisisi yang direpresentasikan dengan analog-to-digital converter (ADC) dan digital-to-analog converter (DAC) beserta sub-bagian pendukungnya. MK ini mencakup teori dan rangkaian praktis. Materi dicakup di MK ini antara lain jenis-jenis dan princip kerja ADC dan DAC, dasar-dasar data sampling (filter, sample and hold, quantization), beragam format data digital keluaran ADC.

Mata kuliah ini berisi pemahaman atas karakter pembangkitan listrik dari sumber energi terbarukan yang berbeda-beda seperti tenaga air, angin, matahari, panas bumi, biomassa dan lain-lain dan memberikan kemampuan melakukan analisa dan simulasi atas desain pembangkitan listrik menggunakan sumber energi terbarukan tersebut berikut analisa dan simulasi karakter sambungannya terhadapa jaringan listrik dan pengguna listrik.

Pemodelan proses bisnis merupakan mata kuliah wajib di program studi sistem informasi yang mempelajari pemodelan dan analisis alur proses bisnis dengan menggunakan bahasa pemodelan Business Process Modeling Notation (BPMN). Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan mengenai bagaimana menganalisis proses bisnis berdasarkan kondisi riil, dan melakukan desain dari analisis yang telah dilakukan.

Enterprise Architecture (EA) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa S1 Sistem Informasi yang mengajarkan mahasiswa untuk merancang enterprise architecture. Sepanjang perkuliahan pada mata kuliah ini mahasiswa akan melakukan pembelajaran berdasarkan studi kasus mengenai perancangan enterprise architecture pada 4 domain arsitektur yaitu business, sistem informasi (data dan aplikasi), dan teknologi. Perancangan dilakukan menggunakan framework dari the open group berupa TOGAF, dan menggunakan metode TOGAF ADM. Pada setiap domain akan diajarkan cara untuk melakukan analisis existing dan target arsitektur serta GAP. Hasil akhir dari perkuliahan ini berupa blueprint rancangan enterprise architecture.

Mahasiswa akan mengkaji praktik tata kelola dan manajemen TI yang baik untuk berbagai organisasi pada studi kasus dengan berbasis kerangka kerja COBIT 2019 yang terdiri atas lima domain yaitu EDM (Evaluate, Direct, Monitor), APO (Align, Plan, Organise), BAI (Build, Acquire, Implement), DSS (Deliver, Service, Support), serta MEA (Monitor, Evaluate, Assess) yang terbagi menjadi empat puluh obyektif pada tiga kategori komponen yaitu personil (struktur organisasi, keterampilan dan kompetensi,
serta etika dan budaya), proses (kebijakan, prosedur, praktik dan aktivitas), serta teknologi (aliran informasi, item, serta layanan, aplikasi, dan insfrastruktur terkait), lalu melakukan penyelarasan strategis untuk mengetahui ruang lingkup obyektif, melakukan penilaian kapabilitas terhadap obyektif dalam lingkup beserta penentuan targetnya, dan melakukan analisis risiko terhadap kesenjangan yang ada, sebagai dasar prioritisasi dan perancangan solusi terhadap tiga komponen tersebut di atas.

Mata kuliah ini membahas tentang perkembangan bisnis digital dan e-commerce dari perspektif strategi, operasional, maupun implementasi. Materi ajar dari mata kuliah ini dibagi menjadi tiga bagian utama. Bagian pertama adalah pengenalan bisnis digital dan e-commerce, termasuk infrastruktur pendukungnya. Bagian kedua adalah strategi dari penerapan bisnis digital di berbagai bidang bisnis, termasuk bidang rantai pasok. Bagian ketiga adalah implementasi dari bisnis digital, yang dimulai dari pengubahan sistem manajemen sampai tahapan optimasi dari penerapan bisnis digital.

Pada mata kuliah ini disamapiakna materi tentang pengelolaan persediaan yang diawali dari konsep-konsep dalam pengelolaan persediaan, dilanjutkan dengan model persediaan deterministik statis dan dinamis, model persediaan probabilistik (model continous review dan periodic review ) serta dikenalkan model persediaan multi-echelon.

Mata kuliah ini membahas tentang perkembangan teknologi blockchain, meliputi konsep dasar dan cara kerja secara sederhana. Selain itu, mata kuliah ini juga mempelajari penggunaan teknologi blockchain untuk logistik. Materi ajar dari mata kuliah ini dibagi menjadi dua bagian utama. Bagian pertama adalah pengenalan, mekanisme kerja, batasan, dan beberapa aplikasi teknologi blockchain untuk logistik. Bagian kedua adalah perancangan ulang proses bisnis dari sistem logistik dengan mempertimbangkan penerapan teknologi blockchain dan perancangan smart contract untuk proses bisnis sistem logistik sederhana.

Mata kuliah Pengantar AI mempelajari tiga teknik dalam membangun kecerdasan mesin, yaitu Searching, Reasoning, dan Learning. Setiap teknik dan metode diajarkan secara proporsional, antara teori dan praktek. Pembahasan teori dilakukan secara umum, mulai dari motivasi, ide dasar, perbedaan antar teknik dan metode yang ada, hingga desain dan implementasinya secara detail melalui sejumlah studi kasus.

Mata Kuliah Pembelajaran Mesin melatih para mahasiswa untuk memahami ide-ide dasar, intuisi, konsep, algoritma, dan teknik untuk membuat komputer menjadi lebih cerdas melalui proses pembelajaran dari himpunan data. Materi yang disampaikan meliputi unsupervised learning, supervised learning, ensemble learning, dan reinforcement learning.

Mata kuliah ini adalah tentang visualisasi data, seni dan beberapa teknik mengubah data menjadi presentasi grafik yang dapat dibaca. Siswa belajar bagaimana merancang dan mengimplementasikan visualisasi berdasarkan data yang tersedia dan tujuan yang ingin dicapai. Mata kuliah ini menunjukkan penggunaan visualisasi untuk analisis data yang mendukung beberapa topik dalam pembelajaran mesin. Siswa akan merancang dan membuat visualisasi data mereka sendiri dan mempelajari cara menggunakan alat seperti Gnuplot, Matplotlib, dan visualisasi data interaktif dengan Bokeh Python.

Mata kuliah ini mempelajari terkait dengan metode pengelolaan sistem teknologi informasi yang terpusat pada perspektif konsumen layanan teknologi informasi terhadap bisnis perusahaan. Pada saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan layanan teknologi informasi untuk menunjang usaha mereka agar lebih baik lagi sehingga dibutuhkan pengetahuan terkait manajemen layanan teknologi informasi. Mahasiswa mampu memahami dan merancang solusi terhadap tantangan dalam manajemen layanan teknologi informasi diantaranya adalah menjaga jalannya layanan TI setiap saat, mengoptimalkan biaya TI, mengelola risiko dan kompleksitas TI, mencapai kepatuhan hukum dan peraturan, mengelola perubahan volume yang lebih tinggi, dan menyelaraskan layanan TI dengan kebutuhan bisnis.

Pada mata kuliah Pemrograman perangkat keras merupakan mata kuliah yang dilakukan pada semester 5. Mata kuliah ini memerlukan mata kuliah syarat yaitu Sistem Digital dan Organisasi dan Arsitektur Komputer. Mata kuliah Pemrograman Perangkat Keras memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai arsitektur perangkat keras, penggunaan perangkat keras, protokol komunikasi, pengindraan, pengontrolan, dan perakitan perangkat keras. Melalui mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk secara aktif dalam perkuliahan baik di dalam kelas maupun di luar kelas (kelas laboratorium) dengan menggunakan pola kelompok kecil mandiri (2-3 orang). Perkuliahan dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan yang dilakukan secara variatif, diskusi, presentasi, pemberian tugas mandiri, penelusuran makalah, dan tugas besar.

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar kaidah forensik digital dan implementasinya pada suatu media tertentu dengan mengikuti framework forensk digital yang sesuai.

Tujuan dari mata kuliah ini agar mahasiswa mengetahui dan memahami konsep dasar sistem penganggaran menyeluruh dan mampu melakukan praktik penyusunan budget menyeluruh, sales forecast, budget produksi, budget bahan baku, budget tenaga kerja, budget biaya overhead, budget biaya administrasi umum, capital budgeting, budget kas, proyeksi laporan keuangan, dan analisis anggaran

Mata kuliah ini membahas konsep teoritis manajemen keuangan secara mendalam menggunakan aksioma keuangan untuk analisis kinerja keuangan serta pengambilan keputusan keuangan perusahaan.

Mata kuliah ini membahas sejarah, motivasi, motode, risiko, dan kasus-kasus dalam creative accounting dan kecurangan laporan keuangan yang terjadi baik yang terjadi di Indonesia maupun internasional.

Mata kuliah ini mempelajari dan memahami pola-pola dalam penciptaan nilai (value creation) dengan cara mengatur informasi mengenai apa yang konsumen inginkan dalam cara yang simple sehingga pembuatan pola-pola penciptaan nilai mejadi lebih mudah untuk dilakukan. Pendalaman keterampilan memahami konsumen sehingga bisa menciptakan nilai yang bersesuaian adalah melalui tugas-tugas individu untuk praktik terbaik dan tugas kelompok untuk pilihan ide atau bisnis yang akan mereka cek/ciptakan nilai-nilai bisnis yang ditawarkan. Bentuk luarannya adalah kerangka/model profil konsumen dan peta nilai dari pilihan ide/bisnis kelompok.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai pengelolaan manajemen proyek teknologi informasi dan mendefinisikan konsep terkait manajemen proyek serta siklus hidup proyek, serta termasuk tahapan-tahapan manajemen proyek dalam meningkatkan keberhasilan proyek teknologi informasi. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari kelompok proses (process group) dan bidang pengetahuan manajemen proyek (knowledge area) untuk proyek teknologi informasi. Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu merancang, mengelola dan mengimplementasikan proyek teknologi informasi serta meningkatkan keberhasilan suatu proyek.

Mata kuliah ini mempelajari dan memahami bagaimana strategi di formulasikan dan dikembangkan pada perusahaan kecil dan menengah dengan mengandalkan konteks riset seperti halnya yang dilakukan oleh perusahaan atau korporat besar dengan menjawab beberapa kebutuhan dan pertanyaan seperti apa peran strategis kewirausahaan dalam usaha kecil. Bagaimana manajemen puncak dari perusahaan kecil memandang proses yang terkait dengan perumusan strategi? Bagaimana strategi bisnis diformat dan diimplementasikan dalam UKM kewirausahaan? Dan yang lebih penting, apakah ada pelajaran yang bisa dipetik oleh perusahaan raksasa dari yang lebih kecil ?

Mata kuliah ini mempelajari konsep – konsep komunikasi antar budaya dalam konteks domestik dan global, sehingga memberikan kesempatan untuk mengembangkan kesadaran antar budaya. Siswa akan diajarkan terkait pembentukan identitas,persepsi, keragaman dan pemikiran untuk menciptakan komunikasi yang efektif dalam menghindari konflik antar budaya. Mempelajari komunikasi antar budaya dapat menjadi pegangan dalam berinteraksi dengan orang lain di dalam masyarakat yang majemuk dan era digital saat ini.

Manajemen Acara merupakan mata kuliah yang mempelajari prinsip-prinsip penyelenggaran acara meliputi proses perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian sebuah acara.

Komunikasi Pembangunan & Perubahan sosial merupakan mata kuliah yang membahas tentang pentingnya ilmu komunikasi dalam pembangunan dan perubahan sosial. Mata kuliah ini memberi pemahaman, kemampuan menganalisis, merancang strategi hingga mengimplementasikan kegiatan komunikasi pembangunan dan perubahan sosial baik media konvensional ataupun media digital.

Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dasar komunikasi visual, perkembangan komunikasi visual, elemen-elemen visual, peta komunikasi visual, dan studi kasus dalam bidang kehumasan. Matakuliah ini diperuntukkan sebagai bekal dasar untuk dapat memahami konsep visual sebagai landasan praktik maupun konseptual pada beberapa mata kuliah prodi kehumasan ditingkat selanjutnya.

Mata Kuliah ini mempelajari Transformasi Aktifitas kehumasan dari Konvensional Humas menuju arah Humas Digital mulai dari SDM, Media, Tools, Korporasi dan Budaya

Mata kuliah ini membahas mengenai ruang lingkup Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility (CSR) dalam konteks kehumasan. Diskusi pokok matakuliah ini terdiri dari bahasan mengenai Teori Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Stakeholder Management, dan sampai pada analisis implementasi berbagai kegiatan Tanggung Jawab Sosial oleh korporat-korporat di Indonesia. Mahasiswa juga diberi pengalaman langsung dengan cara menyusun pilot project sebuah strategi Komunikasi Tanggung Jawab Perusahan.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dasar mengenai keilmuan manajemen desain. Diawali dengan wawasan bisnis, wawasan desain dan manajemen desain. Diharapkan mahasiswa akan mampu memahami proses integrasi desain pada proses bisnis.

Mata Kuliah Desain Antar Muka untuk Website + Motion Graphic ini mempelajari, memahami dan membuat perancangan layout website serta membuat motion graphic (untuk kebutuhan B2B). Sehingga mahasiswa mampu membuat desain tampilan untuk website motion graphic (Adobe Photoshop & Animate).

Mempelajari beragam media kreatif seperti media kreatif cetak, media kreatif digital, media kreatif luar ruang, media kreatif mobile dan media kreatif in store melalui tahapan dari konsep perencanaan hingga menjadi suatu rancangan desain.

Keterampilan untuk membuat portofolio, yaitu pilihan contoh karya/tugas perancangan desain produk yang dikemas secara komunikatif dan representatif untuk keperluan presentasi untuk memasuki kerja praktek maupun bekerja.

Mata kuliah ini memberikan panduan bagi mahasiswa yang mendalami desain produk dan desain kemasan. Mata kuliah ini juga memberikan metodologi desain guna pengembangan kemasan dan menjelaskan tentang bagaimana peran desain berfungsi sebagai alat penjualan yang efektif bagi sebuah produk, sekaligus memberikan sekilas namun padat tentang kajian sejarah kemasan dari sudut pandang bisnis perancangan kemasan. Fokus Dari Mata Kuliah ini adalah pengembangan Perwajahan dari Permukaan Kemasan (Packaging Surface).

Pemahaman teori mengenai hubungan antara trend, gaya hidup dan penciptaan produk. Hubungan ini menjadi sebuah dasar ilmu untuk menganalisa aspek pada desain produk, dibahas melalui sejarah, pergerakan dan fenomena di masa lalu dan perkiraan yang akan datang

Mata Kuliah ini mengenali mahasiswa keragaman arsitektur yang ada di Indonesia, yang dipelajari mulai dari arsitektur tradisional, hingga bentuk penggayaan yang muncul pada arsitektur di Nusantara mulai dari fase Pra Hindu-Budha hingga era post-kolonialisme.

Mata kuliah ini mempelajari proses penelitian dalam Desain Interior baik itu jenis penelitian kuantitatif maupun kualitatif, menjadikan mahasiswa mempunyai pola pikir yang lebih terstruktur dan ilmiah. Penelitian sebagai proses berpikir desain untuk menyelesaikan permasalahan melalui tahapan empati, perumusan, ideasi, purwarupa, untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang terjadi pada studi kasus terpilih. Mata kuliah ini juga menitik beratkan pada pengetahuan jenis dan pengolahan material, dan pengaplikasian metode desain dalam proses perancangan desain. Output pada mata kuliah ini adalah submission jurnal dan portfolio desain.

Mata kuliah ini mempelajari proses penelitian dalam Desain Interior baik itu jenis penelitian kuantitatif maupun kualitatif, menjadikan mahasiswa mempunyai pola pikir yang lebih terstruktur dan ilmiah. Penelitian sebagai proses berpikir desain untuk menyelesaikan permasalahan melalui tahapan empati, perumusan, ideasi, purwarupa, untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang terjadi pada studi kasus terpilih, Mata kuliah ini juga menitik beratkan pada pengaplikasian software sebagai sarana untuk perancangan ruang dan bentuk dengan metoda parametrik desain.

Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang bersifat wajib di tingkat dua pada semester ganjil, di dalamnya berisikan tentang konsep serta pengetahuan umum tentang industri tekstil dan fashion, material serat, proses produksi kain, karakteristik kain, serta penerapannya pada produk kriya dan fashion. Pengetahuan tersebut diharapkan dapat memberikan acuan atau bahan pertimbangan teknis dalam perancangan suatu produk kriya dan fashion. Kegiatan pembelajaran diselenggarakan secara online melalui LMS dan aplikasi pendukung lainnya. Kelulusan mata kuliah ini ditentukan berdasarkan hasil UTS, UAS serta kelengkapan tugas dan kuis yang telah dikerjakan oleh mahasiswa.

Mata kuliah ini merupakan tahap awal dari mata kuliah yang berkelanjutan dengan dua mata kuliah pada semester selanjutnya yaitu Manajemen Produk Fashion (DKI3G3) dan Pemasaran Digital Produk Fashion (DKI4E3). Pada tahap ini, materi lebih difokuskan ke arah pemaparan teori dasar bisnis untuk menunjang simulasi pada mata kuliah Bisnis Fashion. Sistem dan proses pembelajaran dikondisikan dan diarahkan kepada tingkat kemandirian dan kreativitas mahasiswa dengan sistem belajar aktif dengan cara melibatkan mahasiswa dalam diskusi terkait dengan konteks dan studi kasus dan pembentukan kelompok kerja yang berorientasi bisnis.

Mata kuliah Pemasaran Digital Produk Fashion (DKI4E3) yang pada awalnya dinamakan E Fashion pada Program Studi S1 Kriya Tektsil dan Mode Fakultas Industri Kreatif memberikan pengetahuan dan wawasan tentang praktik penjualan sebuah produk hasil karya dengan menggunakan media sosial yang sesuai dengan target market produk tersebut. Mata Kuliah ini merupakan Mata Kuliah lanjutan dari kelas Bisnis Fashion & Manajemen Produk Fashion yang bentuk pekerjaannya dilakukan secara berkelompok. Tergolong dalam jenis Mata Kuliah studio dengan persentase 70 praktik dan riset pasar serta 30 teori dengan mengulas beberapa materi dari dua Mata Kuliah sebelumnya mengenai konsep bisnis dari produk yang dibuat.

Daftar Segera untuk mendapatkan pengalaman belajar di kampus swasta terbaik.