Persyaratan dan Alur Pendaftaran PMM Tahun 2022

Persyaratan dan Alur Pendaftaran PMM Tahun 2022

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan salah satu program dari kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka”. Pada program ini, mahasiswa mendapat kesempatan belajar di kampus lain dalam negeri dengan mengeksplor dan mempelajari keberagaman budaya nusantara sehingga dapat berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah. PMM pertama kali dilaksanakan pada tahun 2021 sehingga pada tahun 2022 merupakan tahun kedua pelaksanaan PMM. Bagi Mahasiswa Telkom University yang tertarik untuk mengikuti PMM, berikut informasi lengkapnya.

Manfaat yang diterima

  1. Mendapat pengalaman baru terkait nilai-nilai keberagaman suku, agama, kepercayaan, kebudayaan, dan bahasa.
  2. Mendapat kesempatan untuk merefleksikan nilai kebangsaan dan kebinekaan yang dialaminya menjadi bagian dari sudut pandang dalam memahami kondisi riil yang ditemuinya sehari-hari;
  3. Mendapat kesempatan mengambil pilihan mata kuliah di luar program studinya;
  4. Memperluas, memperdalam, dan/atau memperkaya pengetahuan akademiknya;
  5. Bantuan berbagai pembiayaan, seperti:
    • Biaya potongan UKT mahasiswa yang diberikan langsung ke PT Pengirim (at cost);
    • Biaya transportasi berupa tiket pesawat keberangkatan dan kepulanganmahasiswa (at cost);
    • Dana kedatangan dan kepulangan untuk mahasiswa (lump sum);
    • Biaya Rapid Antigen COVID-19 keberangkatan dan kepulangan mahasiswa, sesuai dengan peraturan perjalanan yang berlaku (at cost);
    • Biaya hidup dan akomodasi selama kegiatan efektif dalam satu semester. Bagi penerima beasiswa Kemendikbudristek (Bidikmisi/KIP-K, Afirmasi, Beasiswa Unggulan) akan dilakukan penyesuaian nilai bantuan;
    • Biaya asuransi kesehatan (BPJS Kesehatan) selama kegiatan efektif satu semester.

Persyaratan Peserta

  • Mahasiswa Aktif S1 Semester 4 dan 6. Terdaftar pada Pangkal Data Dikti (PD-Dikti) https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_mahasiswa/
  • Belum akan lulus hingga program PMM 2 selesai
  • Belum pernah mengikuti PMM 1 dan tidak sedang berkegiatan MBKM lainnya
  • Tidak pernah dikenakan sanksi akademik dan non akademik
  • Memiliki surat izin dari PT Pengirim
  • Mendapatkan izin orang tua/wali untuk mengikuti PMM 2
  • Memiliki IPK minimal 2,75 pada saat periode pendaftaran PMM 2
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Memiliki rekening aktif Bank Rakyat Indonesia (BRI) atau Bank Syariah Indonesia (BSI) atas nama Mahasiswa bersangkutan
  • Diutamakan memiliki asuransi kesehatan berupa BPJS Kesehatan aktif atau KIS
  • Telah menerima minimum dua dosis vaksin COVID-19
  • Bersedia mentaati seluruh ketentuan PMM 2 dan bersedia menerima konsekuensi atas pelanggaran terhadap ketentuan PMM 2

Alur Pendaftaran

1. Mahasiswa membuat akun dan melakukan pendaftaran pada laman https://program-pmm.id/

a. melengkapi data yang diminta

b. memasukkan alamat email dan password yang sudah didaftarkan

c. jika berhasil, akan masuk ke dashboard

2. Melengkapi ‘Data Mahasiswa‘ yang diminta

a. Silakan menggunakan fitur ‘Cari Data Mahasiswa’ dengan memasukkan NIM, untuk melengkapi Data Mahasiswa nomor 1 sampai 10.

b. Setelah melengkapi data mahasiswa jangan lupa klik ‘Simpan Sebagai Draft’ agar data yang dimasukkan tidak terhapus ketika log out 

Pastikan telah melengkapi seluruh data mahasiswa agar bisa melakukan unggah berkas dan memilih Perguruan Tinggi yang dituju

3. Mengunggah seluruh dokumen persyaratan pada menu ‘Unggah Berkas‘ untuk mengikuti kegiatan PMM 2
4. Memilih ‘Perguruan Tinggi/ PT Penerima’ melalui akun masing-masing mahasiswa (Lokasi PT Penerima harus berbeda dengan PT Asal dan domisili asal berdasarkan KTP, serta menyesuaikan kuota dan batas minimal peminat di PT Penerima.
Jika Kuota PT Penerima dan batas minimal sudah terpenuhi, maka mahasiswa bersedia untuk di tempatkan oleh Tim Program PMM2 ke PT penerima yang lain
Status PT Penerima dan Mahasiswa sebagai peserta PMM 2 dapat dibatalkan jika informasi yang disampaikan kepada Tim Program PMM 2 terbukti tidak benar.

Dokumen Yang Harus Dipersiapkan

  1. Bukti kewarganegaraan Indonesia (scan KTP/paspor/akta kelahiran);
  2. Transkrip nilai;
  3. Surat izin dari PT Pengirim untuk mengikuti PMM 2 (download format);
  4. Surat izin orang tua untuk mengikuti PMM 2 (download format);
  5. Surat pernyataan komitmen mahasiswa, yang berisi pernyataan: (1) tidak pernah mendapat sanksi akademik dan non-akademik, (2) tidak terdaftar pada PMM 1, (3) bersedia mengikuti peraturan PMM 2 dan (4) bersedia menerima konsekuensi jika menyalahi peraturan PMM 2 (download format);
  6. Bukti kepemilikan akun rekening aktif Bank BRI/BSI atas nama mahasiswa bersangkutan (download format);
  7. Bukti kepemilikan akun BPJS Kesehatan atau KIS aktif atas nama mahasiswa bersangkutan (lihat contoh);
  8. Bukti atau riwayat telah menerima dua dosis vaksin COVID-19 (lihat contoh);
  9. Surat Keterangan Domisili (Jika keberangkatan mahasiswa dari alamat domisili, maka wajib mengunggah surat keterangan domisili).

Pelaksanaan PMM (untuk Mahasiswa)

  • Mahasiswa Peserta PMM 2 mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) atau dokumen sejenis yang memuat mata kuliah yang akan diikuti di PT Penerima dan PT Pengirim;
  • Mahasiswa Peserta PMM 2 mengikuti proses pembelajaran sebanyak ±20 sks di dalam maupun di luar program studinya sesuai dengan kebutuhan minat mahasiswa atas persetujuan PT Pengirim. Mahasiswa memiliki kebebasan untuk memilih mata kuliah. Terdapat dua skema pemilihan mata kuliah sebagai berikut:
    1. Mahasiswa calon peserta PMM 2 dapat mengambil seluruh mata kuliah sebanyak ±20 sks (termasuk 4 sks Modul Nusantara) di PT Penerima
    2. Mahasiswa calon peserta PMM 2 wajib mengambil sekurangnya 14 sks di PT Penerima (termasuk 4 sks Modul Nusantara) dan dapat memilih hingga sebanyak 6 sks mata kuliah dari PT Pengirim
    3. Keberangkatan Mahasiswa Peserta PMM 2 ke PT Penerima terkait kondisi pandemi COVID-19, akan dilakukan kebijakan penyesuaian kegiatan PMM 2 oleh Tim Program PMM 2;
  • Mahasiswa Peserta PMM 2 melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan akademik dan lingkungan masyarakat lokal di PT Penerima yang akan difasilitasi oleh LO (Mentor);
  • Mahasiswa Peserta PMM 2 mengikuti kegiatan Modul Nusantara sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Dosen Pembimbing Modul Nusantara di PT Penerima;
  • Mahasiswa Peserta PMM 2 menyelesaikan proses pembelajaran dan membuat laporan dengan melampirkan dokumen-dokumen hasil pembelajaran di PT Penerima pada laman yang disediakan Tim Program PMM 2 secara tepat waktu;
  • Mahasiswa Peserta PMM 2 memperoleh nilai hasil pengakuan kredit mata kuliah dari PT Pengirim dan e-sertifikat PMM 2 dari Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi;

Lini Masa

Juni 2022 : Pendaftaran Mahasiswa
Juni 2022 : Pengumuman Mahasiswa
Juli 2022 : Pembekalan Mahasiswa
Agustus – Desember 2022 : Pembelajaran di PT Penerima
Desember 2022 – Januari 2023 : Kepulangan Mahasiswa PMM 2

Untuk cek Perguruan Tinggi yang belum terpenuhi kuotanya bisa melalui laman:
https://program-pmm.id/Link/XeTIYt

Sosialisasi PMM 2 Telkom University

Powered By EmbedPress

Informasi Lengkap Lainnya

Buku Panduan PMM 2

FAQ Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2

Buku Panduan Pendaftaran dan Pembuatan Akun PMM 2

Kumpulan Format Dokumen Persyaratan PMM 2