Deskripsi

Program Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan ; Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa dalam rangka membantu pemerintah untuk meningkatkan kualitas Pendidikan dasar dan menengah di Indonesia yang masih sangat rendah dimana menurut data PISA 2018 (Programme for International Student Assessment), peringkat Indonesia dalam dunia Pendidikan tingkat dunia (nilai untuk bidang Membaca, Matematika, dan Sains) ada di nomor 6 dari bawah dari 80 negara.

Jumlah satuan pendidikan di Indonesia sangat banyak dan beragam permasalahan baik satuan pendidikan formal, non formal maupun informal sehingga kegiatan pembelajaran dalam bentuk asistensi mengajar dilakukan oleh mahasiswa di satuan pendidikan seperti sekolah dasar, menengah, maupun atas. Sekolah tempat praktek mengajar dapat berada di lokasi kota maupun di daerah terpencil.

Tujuan

Tujuan program asistensi mengajar di satuan pendidikan antara lain:

  1. Memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut sertamengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru di satuan pendidikan.
  2. Membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan, serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi dan perkembangan zaman.

Mekanisme

  • Dengan persetujuan Dosen Wali, mahasiswa mendaftarkan dan mengikuti seleksi asisten mengajar di satuan pendidikan.
  • Melaksanakan kegiatan asistensi mengajar di satuan Pendidikan di bawah bimbingan dosen pembimbing. 
  • Mengisi logbook sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. 
  • Menyusun laporan kegiatan dan menyampaikan laporan dalam bentuk presentasi.

Kegiatan Yang Sudang Berjalan

No Pemilik Program Nama Kegiatan Durasi Kegiatan Jumlah Konversi SKS
1 Direktorat Pendidikan Tinggi Kemdikbud-Ristek Kampus Mengajar Akt 1 Tahun 2021 3 bulan hingga 12
2 Direktorat Pendidikan Tinggi Kemdikbud-Ristek Kampus Mengajar Akt 2 Tahun 2021 4 bulan hingga 20